Asuransi Motor Terbaik All Risk

Asuransi All Risk adalah jaminan terhadap kerugian atau kerusakan pada kendaraan (Mobil, Motor) yang di pertanggungkan dengan secara langsung di sebabkan oleh kecelakaan, perbuatan jahat orang lain (begal, pencurian), kebakaran, dan lain-lain sehingga menimbulkan kerugian pada kendaraan tersebut. Tercantum dalam Bab I pasal PAKBI (Polis Asuransi Kendaraan Bermotor). Berikut manfaat yang di peroleh dari asuransi all risk.

Manfaat Asuransi All Risk

Motor mahal sebaiknya di asuransikan untuk berjaga-jaga jika terjadi kecelakaan, guys!

Dalam kecelakaan itu (masih membahas kasus kecelakaan motor yang terjadi terhadap rai), motor (ninja) sport Rai rusak berat. Biaya total kerusakannya mencapai lebih dari Rp 5 juta karena biaya suku cadangnya yang mahal karena harus impor. Tapi, karena motor itu sudah diasuransikan, Rai cukup membayar Rp 300 ribu untuk mendapatkan perbaikan.

Uang Rp 300 ribu itu dibayarkan sebagai biaya risiko atas klaim asuransi. Biaya risiko adalah biaya yang harus dibayar untuk mengajukan klaim yang diatur di dalam polis. Menurut surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor SE-06/D.05/2013, besar biaya risiko asuransi kendaraan bermotor all risk sebesar Rp 300.000. Sedangkan asuransi total loss only Rp 500.000.

Besarnya biaya risiko dalam suatu klaim bergantung pada jumlah kejadian kecelakaan. Misalnya motor Rai rusak di bagian bodi dalam suatu kecelakaan dan bagian lampu dalam kecelakaan lain. Nah, berarti dia harus membayar 2 X Rp 300 ribu= Rp 600 ribu.

Biaya Rp 300 ribu pertama untuk klaim kerusakan bodi. Sedangkan Rp 300 ribu kedua untuk bagian lampu. Dalam kasus Rai di atas, dia langsung mengajukan klaim setelah kecelakaan, jadi dihitung 1 kejadian.

Prosedur pengajuan klaim kerusakan motor ini berbeda-beda tergantung pada aturan masing-masing perusahaan. Umumnya pemilik polis asuransi all risk diwajibkan:

  1. Melapor ke perusahaan asuransi maksimal 3 x 24 jam setelah kejadian.
  2. Membawa motor ke bengkel yang ditunjuk perusahaan untuk dibuatkan estimasi biaya perbaikan. Bengkel akan melaporkan biaya itu ke perusahaan asuransi.
  3. Menunggu konfirmasi perusahaan asuransi untuk mendapat perbaikan.

Setelah motor selesai diperbaiki, perusahaan asuransi akan membayar biaya perbaikan ke bengkel. Setelah itu, baru deh bisa dibawa pulang motor yang kembali tampil gres/mulus.

Lumayan kan manfaat asuransi motor all risk? Tapi harus diperhatikan bahwa ada kejadian-kejadian yang tak di tanggung pihak asuransi, seperti bencana alam.

Sayangnya, kebanyakan perusahaan kini hanya menawarkan Asuransi Total loss only. Namun demikian, baik All risk maupun Total loss only bisa dipilih sesuai dengan spesifikasi motor kesayangan. Dari pada motor kenapa-kenapa, kita malah bisa rugi berlipat-lipat kalau tanpa asuransi. Sekarang sudah tahu seperti apa penting nya asuransi, guys? Selain penting, ada manfaat juga loh!

Yuk dapatkan Asuransi Motor Terbaik untuk kalian miliki guys, jangan tunggu nanti selagi bisa menjaga dari sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *