Asuransi Perjalanan Terbaik

Satu anggaran yang sering terlupakan dalam setiap perjalanan adalah asuransi perjalanan. Banyak dari kita, apalagi yang muda, yang pergi ke luar negeri jauh-jauh tanpa persiapan ini. “Sayang uangnya,” atau “saya optimis, tak akan terjadi apa-apa,” adalah beberapa tanggapan kenapa melangkahi kewajiban yang satu ini. Memang, hidup-mati, sehat-sakit dan kaya-miskin, tak ada yang tahu apa dan kapan akan terjadi pada diri kita. Namun, sebagai tanda sayang pada keluarga yang menunggu di rumah, pedulikah kita untuk membebaskan mereka dari rasa khawatir dan beban finansial?

Dalam setiap perjalanan, perlu dipahami bahwa resiko fisik dan psikologis itu nyata:

Sakit: Siapa yang mau sakit? Tentu tidak ada, tapi kita tak pernah tahu. Apalagi kalau kita berada di negeri antah-berantah yang biaya perobatannya mahal. Kalau sakitnya parah dan butuh evakuasi, siapa yang mau tanggung biaya dan koordinasinya?

Tindak kejahatan: Kecopetan, terluka karena tindak kriminal dan pelecehan seksual adalah beberapa kemungkinan terburuk. Tidak mengharapkan itu untuk terjadi, tetapi setidaknya setelah kita urus ke polisi setempat dan kedutaan besar Indonesia, kerugian finansial dapat tergantikan.

Kesalahan Maskapai: Seringkali kita mendengar bagasi yang salah kirim atau tertinggal. Seringkali juga kita mendengar penundaan atau pembatalan perjalanan pesawat terbang karena kelalaian maskapai, kesalahan teknis atau cuaca buruk. Tanpa asuransi, kemungkinan besar kitalah yang harus menanggung beban finansialnya.

Bencana alam: Memang asuransi perjalanan secara gamblang tak mendukung klaim berdasarkan kejadian yang tidak bisa dikontrol manusia seperti bencana alam, tetapi dalam kasus meletusnya gunung berapi Ejyafjallajokull di Islandia beberapa waktu lalu, ada satu analisa yang dapat diambil: pihak asuransi akan menilai berdasarkan peristiwa-peristiwa sekunder yang disebabkan oleh bencana tersebut, seperti penundaan/pembatalan penerbangan.

Kecelakaan: Rasanya skenario ini cukup jelas, tidak hanya kecelakaan transportasi udara tapi juga kecelakaan transportasi darat dan laut. Bagian ini juga mencakup kecelakaan yang disebabkan oleh kegiatan dalam perjalanan, misalnya yang terjadi ketika berenang di laut, atau mendaki gunung. Silakan periksa kembali polis asuransi kita apa benar ada lingkupnya.

Berapa anggaran yang perlu dialokasikan untuk asuransi perjalanan? Banyak macamnya, tergantung lama perjalanan, lingkup dan perusahaannya. Paling tidak, untuk perjalanan ke negeri-negeri di ASEAN, butuh anggaran minimal sekitar USD25 untuk 7-10 hari per orang. Untuk perjalanan ke Amerika atau Eropa, paling tidak minimal sekitar USD40 – 50 untuk satu minggu, sampai USD100 untuk satu bulan.

Selalu periksa lingkup asuransi perjalanan yang akan kita beli. Biasanya, asuransi perjalanan yang baik lingkupnya mencakup:

  • Kecelakaan fisik – termasuk meninggal dan cacat permanen
  • Transportasi – pembatalan atau penundaan
  • Bagasi – keterlambatan, kehilangan atau kerusakan
  • Rawat inap selama di lokasi perjalanan dan setelah pulang ke rumah
  • Rawat jalan
  • Obat-obatan selama di lokasi perjalanan dan setelah pulang ke rumah
  • Biaya dokter selama di lokasi perjalanan dan setelah pulang ke rumah
  • Biaya evakuasi ambulans (udara dan darat), baik masih hidup atau sudah meninggal dunia
  • Penggantian tiket pulang-pergi
  • Biaya penjemputan oleh keluarga, termasuk transportasi dan akomodasi

Jadi, ketika merencanakan perjalanan kita selanjutnya, masukkan-lah anggaran untuk asuransi perjalanan. Sayangi diri kita dan keluarga yang menunggu di rumah!

Tertarik? Yuk segera daftar Asuransi perjalanan anda di Asuransi88.

Bukan hanya perjalanan dalam Negeri, luar Negeri pun di sediakan untuk kalian ber-libur dengan Keluarga, teman, dan baik dalam urusan Dinas. Jangan tunggu nanti, buat Perjalanan anda aman dengan Asuransi88! Berbagai macem Asuransi dapat kalian temui dan bahkan di pilih loh, mudah juga daftar-nya #Asuransi88 #AsuransiPerjalanan #PerjalanankuAman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *